Dijanjikan Peserta, Ternyata Hanya Pengisi Acara Pembukaan Hafni Afis : Camat Harus Tanggung Jawab


INDSATU.COM - Sungguh tragis nasib tim pidato lomba adat dari Jorong Taratak Baru Nagari Salimpek Kec Lembah Gumanti ini. Berharap untuk tampil sebagai peserta lomba pidato adat tingkat Kabupaten Solok, kenyataannya hanya sebagai pengisi acara pembukaan saja.

Peserta dari Jorong Taratak Baru merupakan juara pidato adat antar jorong Se Kenagarian Salimpek Kecamatan Lembah Gumanti. Berdasarkan hal tersebut, pejabat dari Dinas Pariwisata dan Camat Lembah Gumanti menetapkan mereka sebagai utusan Kecamatan Lembah Gumanti ke tingkat Kabupaten Solok.

Karena sudah ditetapkan, maka tim jorong Taratak Baru mengadakan latihan secara mandiri. Seluruh biaya selama latihan mereka tanggung bersama. Dua bulan mereka mempersiapkan diri agar tampil maksimal saat lomba nanti. Mereka sudah bertekad akan menjadi juara di lomba pidato adat tingkat Kabupaten Solok yang akan diikuti oleh 14 Kecamatan tersebut.

Minggu 19 Desember 2021 tibalah saatnya lomba dimulai. Peserta dari Jorong Taratak Baru tampil terlebih dahulu diacara pembukaan, yang dihadiri langsung oleh Bupati Solok Epyardi Asda.

Ditengah hiruk pikuk acara pembukaan, terdengar bisik-bisik kalau jorong Taratak Baru bukanlah sebagai peserta, akan tetapi hanya pengisi acara pembukaan saja.

Mendengar hal tersebut, sudah barang tentu mereka kecewa dan malu. Ketika di konfirmasi ke bapak camat beliau lepas tanggung jawab. Di konfirmasi ke panitia katanya itu sudah keputusan bapak Camat. Bukan hanya peserta, akan tetapi seluruh masyarakat Jorong Taratak Baru juga kecewa dengan keputusan Camat tersebut.

Anggota DPRD Kab Solok dari Partai Gerindra pun angkat bicara. Dirinya sangat kecewa dengan sikap Camat Lembah Gumanti yang telah mengirim dua tim ke lomba pidato adat tingkat Kabupaten tersebut. “Sebagai wakil rakyat saya minta kepada Camat utk serius menangani masalah ini, dengan cara meminta maaf kepada masyarakat Taratak baru dan menyelesaikannya dengan cara yg bijaksana” ujar Hafni Afis anggota DPRD Kab Solok sebab ini merupakan event pamerintah daerah yang semestinya hal seperti ini tidak perlu terjadi.

” Sekali lagi saya sebagai anggota dewan meminta camat untuk menyelesaikan masalah ini dengan memanggil pihak-pihak yang dikecewakan” lanjut Politisi dari Partai Gerindra tersebut.

Camat Lembah Gumanti Zulbakti yang dihubungi oleh tim awak media melalui handphone mengatakan kalau ada mis komunikasi antara pihak kecamatan dengan jorong Taratak Baru. “Bukan sebagai pengisi acara pembukaan saja, akan tetapi juga sebagai peserta” ujar Camat.

Sebelumnya pihak kecamatan meminta kepada panitia agar Kecamatan Lembah Gumanti diizinkan untuk mengirimkan. 2 tim. Atas permintaan tersebut panitia mengizinkan, maka terjadilah hal seperti ini, lanjut camat.

“Tadi kita sudah adakan pertemuan dengan Ninik mamak dan tokoh masyarakat Jorong Taratak Baru Nagari Salimpek, Alhamdulillah peserta pertemuan yang hadir mau menerima dan memberikan maaf kepada kami” ujar Zulbakti.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat Jorong Taratak Baru Nagari Salimpek Beben Raefan mengatakan, atas permintaan maaf dari bapak Camat, maka kami Ninik mamak dan tokoh masyarakat Jorong Taratak Baru Nagari Salimpek menyatakan menerima permohonan maaf tersebut.

Dengan adanya pemberian maaf kepada Camat Lembah Gumanti, maka selesai sudah permaslahan lomba pidato tersebut. “Semua demi kebaikan Jorong Taratak Baru ke depan” imbuh Beben.


(IND001)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra