Kembalinya Ir.Bachtul untuk DPRD Sumbar , Partai Gerindra Dinilai Penuhi Harapan Masyarakat Solok Raya


 Bacaleg Partai Gerindra Bachtul (kiri), dari dapil Sumbar 7 ( Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan). (Foto : Dok)

INDSATU.COM — Dengan diiringi rebana rombongan DPD Partai Gerindra Sumbar mendatangi KPU Sumbar untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg), Minggu (14/5/2023).

Dipimpin Hidayat, selaku Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, rombongan memasuki halaman kantor KPU Sumbar di Jl Pramuka Belanti Padang, sekitar pukul 11.00 WIB.

Sebelum masuk kantor KPU, rombongan Partai Gerindra juga melakukan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang anggota rombongan.

Informasinya, Partai Gerindra Sumbar mengajukan 65 orang bacaleg untuk bertarung memperebutkan 65 kursi DPRD Sumbar pada Pemilu 2024 yang akan datang.

Dari 65 kader yang didaftarkan sebagai bacaleg, terdapat nama Ir Bachtul yang dicalonkan di dapil Sumbar 7, meliputi Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan, atau lebih dikenal dengan Solok Raya.

Pencalonan Bachtul ini disambut positif oleh masyarakat Solok Raya dan dinilai bahwa Partai Gerindra memenuhi harapan masyarakat Solok Raya, terutama Kabupaten Solok.

Malintang, salah seorang masyarakat Kabupaten Solok mengatakan, pencalonan Bachtul oleh Partai Gerindra tak ubahnya menjawab harapan masyarakat Kabupaten Solok. Dan ia lega setelah Bachtul dicalonkan Partai Gerindra untuk Pemilu 2024.

“Pencalonan ini menjawab teka teki maju atau tidaknya Bang Bachtul pada Pemilu 2024” tukuknya, yang disampaikan dalam bahasa Indonesia yang terbata bata.

Sementara Musril, tokoh 3 Nagari Guguk, Nagari asal Bachtul di Kabupaten Solok, menyambut baik pencalonan Bachtul oleh Partai Gerindra. “Bagi kami tidak masalah dari partai mana Katik (panggilan akrab Bachtul ; red) maju. Asal maju (pileg) kami dukung penuh,” ujarnya.

“Apalagi Katik sekarang didukung partai besar Gerindra,” imbuh Musril.

Musril meyakini 85% wajib pilih 3 Nagari Guguk yang berjumlah kurang lebih 10 ribu orang akan memberikan suara untuk Bachtul. Karena lekat tangan Bachtul ketika duduk sebagai anggota DPRD Sumbar selama 10 tahun memang sudah terbukti dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di 3 Nagari Guguk kecamatan Gunung Talang.

“Bachtul telah membawa puluhan miliar anggaran provinsi ke nagari kami,” terang Musril.

Diantaranya, lanjut Musril, untuk anggaran pembangunan dan perbaikan Irigasi, sarana air bersih, jalan lingkungan, balai adat, kantor walinagari, pembangunan jalan pintu angin, bea siswa, bantuan masjid dan mushalla, serta banyak lainnya.

Terkait sepak terjang Bachtul ketika menjadi anggota DPRD Sumbar dua periode, Musril menyampaikan, dulu sebagian masyarakat nagari mereka ada yang untuk kegiatan MCK (Mandi Cuci Kakus) harus ke sungai yang letaknya lumayan jauh dari pemukiman penduduk.

“Tapi setelah diperjuangkan Bachtul, proyek SPAM Aia Abuih yang bernilai belasan miliar rupiah, masyarakat untuk kegiatan MCK tidak perlu lagi ke sungai tapi cukup di rumah masing-masing,” tukasnya.

Karena air dengan kualitas siap minum dari kran tanpa dimasak tersebut (sesuai hasil labor) sudah mengalir dengan lancar ke rumah-rumah masyarakat

Ke sininya, kata Musril lagi, setelah dikelola PDAM, air tersebut mulai tidak terawat dan air sudah sering mati, karena juga dialirkan ke tempat lain tanpa memperhitungan debit air dengan cermat.

“Begitu juga irigasi provinsi sudah banyak yang rusak dan dana provinsi untuk perbaikan beberapa Irigasi di Guguk hampir bisa dikatakan tidak pernah turun lagi setelah Bachtul tidak duduk lagi sebagai anggota DPRD Sumbar,” tambahnya.

Sudah diketahui umum bahwa Bachtul ketika duduk sebagai anggota DPRD Sumbar memang dikenal gigih memperjuangkan daerah pemilihannya, baik untuk Solok Raya maupun daerah Pesisir Selatan yang ketika itu masih tergabung dalam satu dapil, tempat Bachtul mencalon.

Ada ratusan miliar dana APBD Sumbar yang berhasil digaet Bachtul untuk daerah pemilihannya Solok Raya dan Kabupaten Pesisir Selatan, baik yang dia lakukan sendiri maupun juga atas bantuan teman temannya sesama anggota DPRD Sumbar.

Sebut saja penguatan tebing sungai Batang Lembang di daerah Sumani Kabupaten Solok yang menelan biaya hampir Rp30 miliar, perkuatan Tebing Batang Lembang Kota Solok di samping lapangan Merdeka, sebagai bagian program Penataan Kawasan RTH pusat kota sebesar Rp7 miliar. Kemudian perkuatan Tebing Batang Lembang di Galanggang Batuang Kota Solok Rp750 juta.

Sementara beberapa Irigasi di Kabupaten Solok juga menikmati sentuhan perjuangan Bachtul dari APBD Provinsi. Di antaranya Irigasi Banda Laweh Sirukam senilai Rp30 miliar melalui skema tahun jamak dan lebih Rp5 miliar melalui skema tahun tunggal.

Termasuk perbaikan Irigasi Sapan Kayumanang Surian Kabupaten Solok, yang mendapat kucuran APBD Provinsi hampir Rp15 miliar. Yang menurut tokoh masyarakat Kecamatan Pantai Cermin, yang akrab disapa Mak Achai, proyek tersebut merupakan proyek terbesar nilainya yang mampir di nagarinya sepanjang sejarah.

“Hampir sepuluh tahun terakhir Irigasi Sapan Kayumanang tidak pernah mendapat perbaikan,” tukas Mak Achai lagi.

Tidak hanya infrastruktur, selama duduk di DPRD Sumbar pada tentang waktu 2004-2014, Bachtul juga berhasil memperjuangkan pendirian 3 buah SMA baru di Kabupaten Solok di antaranya SBI yang sekarang berubah nama menjadi SMA 2 Sumatra Barat. Kemudian SMA 2 Lembang Jaya, dan SMA Sariak Alahan Tigo di kecamatan Hliiran Gumanti.

Di Solok Selatan Bachtul tercatat memperjuangkan pembangunan Jembatan Talaok sekitar dengan dana Rp3,5 miliar, dan perkuatan beberapa tebing sungai yang anggarannya miliaran rupiah.

Sementara untuk Kabupaten Pesisir Selatan, perjuangan Bachtul yang paling fenomenal adalah pembangunan Embung Ampiang Parak Kecamatan Sutera yang menelan biaya hampir Rp18 miliar dari APBD Provinsi, di luar anggaran saluran irigasi yang kabarnya juga menelan biaya puluhan miliar.

Embung Ampiang Parak mempunyai genangan hampir 22 Ha. Yang menjadikannya termasuk sebagai embung terbesar di Sumatra Barat. Keberhasilan pembangunan embung ini kabarnya membuat ingatan masyarakat Ampiang Parak tetap lekat kepada Bachtul sampai saat ini.

Mencermati sebagian yang dilakukan dan diperjuangkan Bachtul ketika duduk di DPRD Sumbar untuk masyarakat dan konstituennya, seperti tergambar dalam uraian di atas, maka wajar masyarakat Solok Raya, yang meliputi Kabupaten Solok , Kota Solok dan Kabupten Solok Selatan bergembira menyambut pencalonan Bachtul oleh Partai Gerindra.
Sekaligus merindukan Bachtul untuk duduk kembali di DPRD Sumbar.

Dan tidak berlebihan jika ada memuji dan menganggap bahwa pencalonan Bachtul oleh Partai Gerindra merupakan langkah yang tepat. Dan Partai Gerindra beruntung memiliki caleg dengan reputasi seperti Bachtul, karena akan sangat bermanfaat untuk mendukung Partai Gerindra menggapai target dua kursi di Dapil Sumbar 7 atau Dapil Solok Raya.

(Bcl/ yenindsatu)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra