Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Orang Tua Wali Murid, Komite dan Majelis Guru MTsN 5 Kuranji Kota Padang Sepakat Mendukung Program Sekolah.




INDSATU.COM  - Ketua Komite MTsN 5 Kuranji Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam,SH.MM mengatakan, ada tiga pilar penting bagi pendidikan seorang anak. Pendidikan keluarga, akademik dan pendidikan lingkungan. Ketiganya saling mempengaruhi. Pendidikan keluarga adalah pendidikan oleh orang tuanya. Pendidikan lingkungan adalah pendidikan yang didapat dari masyarakat sekitar di lingkungan tempat tinggal. Dan terakhir pendidikan akademik yaitu pendidikan yang diterima di sekolah.


"Tiga pilar penting bagi pendidikan seorang anak. Pertama pendidikan keluarga, akademik dan pendidikan lingkungan. Ketiganya harus saling mendukung karena akan sangat mempengaruhi bagi karakternya. Pendidikan keluarga adalah pendidikan yang didapat di tengah keluarga dalam hal ini dari orang tuanya. Pendidikan lingkungan adalah pendidikan yang didapat dari masyarakat sekitar di lingkungan tempat tinggal. Biasanya kalau lingkungannya baik maka anak juga akan mendapat pendidikan yang baik. Sebaliknya jika lingkungan tidak baik maka besar kemungkinan itu juga akan mempengaruhi anak jadi tidak baik. Dan terakhir pendidikan akademik yaitu pendidikan yang diterima di sekolah atau pendidikan formal. Dalam hal ini adalah peran guru-guru di sekolah."


Demikian dikatakan oleh Ketua Komite MTsN 5 Kuranji Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM saat melakukan pertemuan  dengan orang tua wali murid kelas VIII dan IX  MTsN 5 Kuranji Padang pada Sabtu 29/7/2023.


Lebih lanjut disampaikan, dari tiga faktor tersebut, pendidikan akademik adalah pendidikan yang utama untuk masa depannya dan menjadi pendidikan formal. Di bangku sekolah anak anak diajarkan berbagai ilmu pengetahuan yang berguna bagi masa depan sang anak.


Banyak sekolah-sekolah sekarang berlomba-lomba untuk meningkatkan prestasi pendidikan di sekolahnya. Berbagai program kependidikan  dilaksanakan yang tujuannya untuk meningkatkan prestasi anak didik di dalam belajar. Untuk meningkatkan prestasi sekolah agar tidak ketinggalan dengan sekolah lain, mau tak mau sekolah harus melengkapi sarana dan prasarana belajar. Apalagi sekarang, di zaman era teknologi ini sarana pendukung belajar anak sudah menggunakan komputerisasi atau digital.  


"Sekarang ini sekolah-sekolah mulai berlomba-lomba untuk meningkatkan prestasi pendidikan bagi anak didiknya. Berbagai program kependidikan  dilaksanakan yang tujuannya untuk meningkatkan prestasi anak didik untuk lebih maju. Untuk meningkatkan prestasi sekolah agar tidak ketinggalan dengan sekolah lain, mau tak mau sekolah harus melengkapi sarana dan prasarana belajar. Apalagi sekarang, di zaman era teknologi ini sarana pendukung belajar anak sudah menggunakan komputerisasi atau digital. Dan ini adalah tanggungjawab kita secara bersama-sama, pemerintah, pihak sekolah, komite dan bapak ibuk selaku orang. Semua ini untuk kemajuan daripada anak-anak kita dalam menuntut ilmu di Madrasah ini," terang tokoh yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang ini.


Terakhir, Irwan Basir selaku ketua komite juga mengapresiasi pihak Kepala Sekolah yang selalu bersinergi dengan komite dan juga orang tua wali murid. Setiap program pendidikan yang dibuat di Madrasah, selalu memusyawarahkan- nya dengan pihak komite dan juga orang tua. Jika sudah "sadanciang bak basi dan saciok bak ayam", niat untuk memajukan sekolah dan meningkatkan prestasi anak-anak akan terlaksana dengan baik. 


" Selaku komite, saya sangat mengapresiasi pihak Kepala Sekolah yang selalu bersinergi dengan kami di komite dan juga orang tua wali murid. Setiap program pendidikan yang dibuat di Madrasah, selalu memusyawarahkan- nya dengan pihak komite dan orang tua. Jika sudah sadanciang bak basi dan saciok bak ayam" , pihak sekolah, komite dan orang tua wali murid maka niat untuk memajukan sekolah dan meningkatkan prestasi anak-anak In Syaa Allah akan tercapai," ujar Irwan Basir.


Sementara itu, Kepala MTsN 5 Kuranji DR. Lilis Andriani, M.Pd mengatakan, pihaknya selama ini selalu konsisten memajukan  pendidikan anak dan pengembangan madrasah. Segala program yang dibuat dan akan dilaksanakan, kami selalu memusyawarahkan-nya  terlebih dahulu dengan Bapak komite dan orang tua murid.


"Kami selaku Kepala Madrasah, selama ini selalu konsisten memajukan  pendidikan anak dan madrasah ini. Dan itu sudah menjadi tugas kami, bagaimana menyelenggarakan pendidikan dengan baik dan meningkatkan prestasi anak. Di samping itu, segala program yang dibuat dan akan dilaksanakan, kami selalu memusyawarahkan-nya  terlebih dahulu dengan Bapak komite dan orang tua murid. Karena tanpa dukungan komite dan orang tua murid, kami tidak mungkin menyelenggarakan pendidikan yang baik. Dan alhamdulillah, baik komite dan oran tua murid sangat mendukung kami. Mudah mudahan MTsN 5 Kuranji ini akan lebih maju dan lebih berprestasi untuk kedepannya," ucap Lilis.(*)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra