6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu Dijauhi Teman Tongkrongan, Catat!

Ilustrasi gambar kesepian ( Dok : istimewa )




INDSATU.COM - Memiliki sahabat adalah suatu kebahagiaan dalam hidup. Namun, sering kali tanpa kita sadari, perilaku atau tindakan kita dapat membuat teman-teman kita menjauhi kita. Maka dari itu, cukup penting untuk bisa menjaga sikap dan tutur kata agar hubungan pertemanan kita selalu baik-baik saja.

Lalu apa saja hal-hal yang bisa membuat kita dijauhi oleh sahabat? Berikut adalah 6 di antaranya.

1. Suka gosip dan membicarakan keburukan teman

Gosip atau mencela teman di belakangnya adalah salah satu tindakan yang sering membuat teman merasa tidak nyaman dan menjauhi kita. Jadi, hindarilah berkomentar negatif tentang teman. Jika sekiranya ada masalah, bicarakanlah secara langsung dengan mereka tanpa menyebarkannya kepada orang lain.

2. Memiliki sikap negatif

Sikap negatif seperti sering mengeluh, merasa iri terhadap kesuksesan teman, atau selalu menunjukkan ketidakpuasan dapat membuat teman-teman merasa terbebani. Cobalah untuk selalu memiliki sikap positif dan mendukung kebahagiaan serta kesuksesan teman-temanmu. Hal seperti itu seharusnya membuatmu bangga dan termotivasi, bukannya justru sebaliknya.

3. Tidak memiliki empati

Ketika teman menghadapi masalah atau kesulitan, tidak menunjukkan empati dapat membuat mereka merasa diabaikan dan kurang dihargai. Maka dari itu, jadilah pendengar yang baik dan tunjukkan dukungan emosional kepada teman saat mereka membutuhkannya.

4. Sering ingkar janji

Jika kamu sulit untuk konsisten dalam memenuhi janji atau sering kali membatalkan rencana tanpa alasan yang jelas, hal ini dapat membuat teman kamu merasa diabaikan. Cobalah untuk lebih bertanggung jawab dengan komitmen yang telah kamu buat dengan teman-temanmu.

5. Selalu membicarakan diri sendiri

Menghabiskan waktu bersama teman adalah kesempatan untuk saling berbagi dan mendengarkan. Kalau kamu hanya membicarakan diri sendiri tanpa memberikan kesempatan pada teman untuk berbicara, teman kamu akan merasa bosan dan akhirnya menjauhi kamu.

6. Oversharing di medsos

Satu hal yang saat ini banyak dilakukan oleh anak-anak muda adalah terlalu banyak membagikan setiap aspek kehidupannya di media sosial. Mungkin kamu juga melakukan hal serupa tanpa pertimbangan dapat mengganggu teman-temanmu. Tanpa kamu sadari, kebiasan seperti ini bisa membuatmu dijauhi oleh teman-temanmu, loh. 

Demikianlah 6 kebiasaan yang bisa membuatmu dijauhi teman, semoga bermanfaat.

(Rini/Indsatu)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra