Forum Masyarakat Minang melaksanakan aksi damai Dan orasi di Depan Mesjid Raya Sumbar


INDSATU.COM - Forum Masyarakat Minang melaksanakan aksi damai membela perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari penjajahan Zionis Israel. Aksi dimulai dari Masjid Raya Sumatera Barat pada Ahad (15/10/2023) sekitar pukul 09.30.

Massa aksi memulai arak-arakan menggunakan sepeda motor dan mobil. Dari kompleks Masjid Raya di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), massa bergerak menuju Gunung Pangilun, Lapai, Ulak Karang, Veteran sampai kawasan Pantai Padang. Sepanjang pawai, massa meneriakkan Takbir.

Ketua Forum Masyarakat Minangkabau, Ibnu Aqil D Ghani, mengatakan, aksi bela Palestina tersebut diikuti warga dari berbagai daerah di Sumatra Barat. Karena itu, aksi bela Palestina bukan hanya diikuti warga Kota Padang saja.

Menurut Ibnu, tindakan Israel terus melakukan penyerangan dan kekejaman terhadap rakyat Palestina tidak bisa dibenarkan. Apalagi, militer Zionis menyerang membabi buta warga sipil di Jalur Gaza.

“Tindakan Israel merupakan tindakan melanggar hak asasi manusia (HAM) dan perlu ditentang, karena yang dilakukan Israel saat ini bukan hanya ingin menguasai, melainkan juga ingin membunuh dan menyingkirkan Palestina,” ujar Ibnu.

Massa juga mendorong pemerintah pusat untuk menginisiasi dukungan internasional dalam rangka membela kepentingan rakyat Palestina dalam mendapatkan hak-haknya. “Kita berharap, mata dunia semakin terbuka untuk peduli akan hak-hak Palestina dan HAM kaum Muslimin di dunia,” kata Ibnu.
 

Sore harinya aksi dilanjutkan dengan menggelar orasi dari berbagai elemen masyarakat. Tak kurang, Ummi Harneli Mahyeldi juga ikut berorasi ditengah kerumunan masyarakat peserta aksi.
Aksi yang berlangsung di perempatan lampu merah jam Ria tersebut berlangsung dengan aman dan tertib dibawah pengawasan dari aparat kepolisian Polda Sumbar dan Polresta Padang. Tepat azan maghrib berkumandang, masa aksi membubarkan diri dengan tertib.
(Yendra)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra