Ribuan penonton Saksikan Festival Seni Tradisional di Pauh Kuranji Padang


INDSATU.COM  – Darak Badarak meriahkan kegiatan festival seni tradisional yang digagas oleh anggota DPRD dan Dinas Pariwisa Sumbar, Sabtu malam, 28 Oktober 2023.

Darak Badarak hadir dengan berbagai nyanyian yang berhasil memukau khalayak yang hadir dalam festival tersebut. Selain Darak Badarak, kegiatan seni yang dihadirkan yakni Randai, Sipak Rago, dan Silek.

Ketua KAN Pauh IX Kuranji, Suardi Datuak Rajo Bujang mengatakan, ia bersama-sama anak nagari mendukung kegiatan ini.

“Kita sangat mendukung kegiatan yang melestarikan seni tradisi ini, sehingga acara ini sangag bagus dalam mengenalkan dan mengingatkan kembali kepada anak kemenakan kita,” jelasnya.

Anggota DPRD Sumbar, Evi Yandri yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan ini untuk melestarikan seni tradisi di tengah perkembangan globalisasi saat ini.


“Jangan sampai seni tradisi kita tak lagi jadi tuan di negeri sendiri. Makanya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, kita mengajak generasi muda untuk terus melestarikan seni tradisi ini, tentunya dengan bekerjasama bersama KAN dan Dinas Pariwisata Sumbar,” katanya.

Ia mengatakan, peran pemuda dalam menjaga seni tradisi ini sangat penting sehingga ia berharap generasi muda yang hadir dalam festival ini bisa mengenal dan menjaga dengan baik.
Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan, kebanggaannya dengan antusias generasi muda yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Perlu kita bangga bahwa generasi muda yang hadir memmpunyai minat yang tinggi ke seni tradisional. Di era globalisasi ini, maka seni tradisional ini jangan luntur,” paparnya.
Ia menuturkan, seni tradisi ini menjadi salah satu indikator penting dalam mendukung perkembangan wisata di Sumatera Barat.

“Seni tradisi ini penting dan harus kita jaga dengan baik. Catatan kita saat ini, bagaimana agar seni tradisi tetap menjadi di lestarikan dengan baik. Salah satunya dengan mengadakan festival-festival seperti ini,” jelasnya.


Dikatakan Budi, ekosistem wisata harus di dukung dengan baik dari hulu ke hilir, mulai dari fasilitas hingga promosinya sehingga bisa memberikan pemasukan yang baik bagi daerah atau negara.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi beberapa waktu lalu juga menilai salah satu cara untuk mendatangkan wisatawan ke daerahnya dalam rangka Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 adalah dengan mengembangkan dan mempromosikan produk ekonomi kreatif.


“Ekonomi kreatif ini punya sub sektor yang sangat luas, salah satunya seni pertunjukan. Sumbar kaya dengan potensi seni pertunjukan yang bisa dikemas sebagai kegiatan wisata untuk menarik wisatawan,” katanya di Padang.(Yendra)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra