TIGA HARI FESTIVAL KATO TARUSAN DI KOTO XI TARUSAN - PESISIR SELATAN TAHUN 2023



INDSATU.COM - Hadirnya acara  "FESTIVAL KATO DI NAGARI TARUSAN ~PESISIR SELATAN 2023" yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar pada tanggal 18 ~ 20 November 2023 disambut baik oleh para pemuka adat di Kenagarian Duku Tarusan dan Bayang.

Masyarakatpun sangat antusias dan datang berduyun - duyun  ke lapangan di Kapuh Tarusan untuk menyaksikan perhelatan 3 hari tersebut. 

Festival Kato dalam Alua Pasambahan Maminang nilai tradisinya masih kental, dan acara seperti ini sudah jarang dilombakan.

Dinas Kebudayaan Sumbar dan DPRD Sumbar memandang perlu untuk tetap menggiatkan acara tersebut dalam mengangkat budaya, adat dan tradisi Minangkabau, agar tradisi acara Alua Pasambahan Maminang tidak punah ditelan zaman.

Banyak masyarakat berharap, kalau perlu tiap tahun diadakan Festival seperti ini.

Mengajak kaum milenial untuk berani menjadi peserta dan menjadikan jati diri kesukuan dimana kita berasal serta bangga menjadi orang Minang.


Rangkaian kegiatan ini diantaranya adalah Festival Kato yang diikuti 12 Nagari, penampilan 10 grup Rabab, Penyajian Kuliner Tradisi daerah Pesisir Selatan oleh Bundo Kanduang Kecamatan Duku Kab. Tarusan.

Pertunjukan film TAREH TARANDAM yang bercerita tentang keindahan wisata di Tarusan diantaranya Mandeh, penampilan Silat dan Randai dari Kenagarian Koto IX Tarusan lebih menonjol dalam film ini, dan pertunjukan Grup Gamad SPD Sampai Hati dari Padang pimpinan TUSRIADI yang menghentak pada hari ketiga, membuat masyarakat rindu akan lagu - lagu lama dan ikut bergoyang bersama.


Peserta Alua Pasambahan sebanyak 12 grup di Wilayah Kecamatan Tarusan dan Bayang, mendapatkan uang pembinaan sebesar 3 JT rupiah, dan terpilih 5 (Lima) Pemenang terbaik Festival Kato diantaranya :


*1. Gurindam Lamo*

*2. Baringin Satu*

*3. Satitiak Janiah*

*4. Sarumpun Batuang*

*5. Baleirong Ruyuang Nan Sati*


Lima penampil terbaik mendapatkan tambahan uang apresiasi sebesar 3 juta rupiah, semuanya dipotong pajak, demikian yang disampaikan oleh Kurator acara Festival Kato TUSRIADI. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra