Dapil Kota Padang 2 Kecamatan Kuranji Caleg Petaha Bertumbangan


Kolase Foto: dari kiri ke kanan, Zulhardi Zakaria Latif, Muzni Zen, Yandri Hanafi, dan Salisma.

INDSATU  - Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), Rabu, 14 Februari 2024, menjadi "neraka" bagi calon anggota legislatif (Caleg) petahana yang saat ini masih duduk di kursi empuk DPRD Kota Padang.


Pada pemilu 2024 ini, sebanyak 6 orang caleg petahana kembali maju menjadi calon anggota DPRD Kota Padang periode 2024-2029 di daerah pemilihan (dapil) Kota Padang 2 Kecamatan Kuranji.


Mereka adalah Jakfar (PKS), Zalmadi (PKB), Yandri Hanafi (PAN), Muzni Zen (Partai Gerindra), Salisma (Partai Demokrat) dan Zulhardi Zakaria Latif (Partai Golkar).


Dari 6 orang caleg petahana tersebut, hanya Jakfar dan Zalmadi yang kembali berhasil memenangkan hati rakyat di daerah tersebut.


Merujuk data pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara yang telah dituntaskan panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kuranji, Jakfar yang setia maju dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 2 berhasil menjadi caleg peraih suara tertinggi di PKS, yaitu 2.909 suara. 


PKS sendiri di Dapi Kota Padang 2 ini meraih 12.845 suara. Itu artinya, harga 1 kursi bagi PKS terbayar mahal, karena hanya mampu meraih 1 kursi.


Sementara itu, Zalmadi yang sebelumnya duduk di DPRD Kota Padang melalui Partai Berkarya, pada pemilu 2024 ini, ia maju dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


PKB di Dapil Kota Padang 2 berhasil meraih 7.375 suara dan Zalmadi berhasil meraih suara tertinggi di partai Cak Imin tersebut dengan perolehan 3.061 suara.


Sementara itu, Zulhardi Zakaria Latif, caleg petahana dari Partai Golkar terpaksa menelan pil pahit karena kalah suara dari caleg pendatang baru Erianto Mahmud.


Erianto Mahmuda berhasil meraih 4.739 suara, jauh meninggalkan caleg petahana Zulhardi Zakaria Latif. Partai Golkar sendiri meraih 9.912 suara di dapil Kota Padang 2 ini.


Nasib serupa juga dialami Muzni Zen, caleg petahana dari Partai Gerindra. Ia kalah suara oleh Wahyu Hidayat yang berhasil meraih 2.830 suara. Partai Gerindra di dapil ini meraih 9.752 suara dan memperoleh kursi ketiga, karena kursi pertama berhasil diraih PKS dan kursi kedua direbut Partai Golkar.


Caleg petahana dari Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Hanafi harus mengikhlaskan dengan penuh kesabaran kursinya berpindah ke Usmardi Thareb yang berhasil meraih 2.676 suara.


PAN berhasil meraup 7.724 suara di dapil tersebut dan merebut kursi keempat.


Caleg petahana dari Partai Demokrat Salisma terpaksa gigit jari, karena Partai Demokrat gagal mendapatkan kursi di dapil yang meliputi Kenagarian Pauh IX tersebut. (BY)


Sumber : Benteng Sumbar.Com.

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra