Bupati Solok Dampingi Menteri Perdagangan Kirimkan Bantuan Untuk Korban Bencana Galodo Agam


INDSATU-Solok". Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda bersama beberapa Kepala Daerah di Sumatera Barat dampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kirimkan bantuan untuk para korban bencana banjir bandang (galodo) di Bukit Batabuah Kabupaten Agam, Kamis (23/05/2024).


Bantuan yang dikirimkan berupa Uang senilai Rp. 100 Juta dan 40 Truck Sembako serta peralatan ibadah, tikar, selimut dan peralatan mandi untuk para korban terdampak bencana di Agam.


Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa pemerintah baik dari pusat maupun daerah saat ini telah berupaya semaksimal mungkin dalam rangka pemulihan pasca bencana banjir bandang di Sumatera Barat, namun tentu hal ini tidak dapat diselesaikan secara instan karena membutuhkan waktu dan proses yang berkelanjutan.

“Saya rasa upaya kita saat ini sudah optimal hanya saja memang membutuhkan waktu, namun untuk bantuan-bantuan logistik dan penanganan saat ini sudah cukup dan terus mengalir dari berbagai pihak, harapan kita semoga kondisi ini bisa cepat kembali pulih,” tuturnya.


Bupati Solok Epyardi Asda turut memaparkan hasil pertemuan saat rapat terbatas bersama BNPB di Tanah Datar pada tanggal 14 Mei 2024 lalu, bahwa BNPB akan memberikan bantuan sebesar Rp.15 juta  untuk rumah korban yang rusak ringan, Rp. 30 juta untuk rumahnya yang rusak berat, dan pembangun ulang untuk rumahnya yang hancur, serta untuk rumah-rumah yang berada di sepanjang aliran sungai (zona merah) akan direlokasi ke lokasi yang nantinya di sediakan oleh pemerintah daerah setempat.

Terkait relokasi rumah, terdapat keresahan dari para korban yang rumahnya akan di relokasi, karena pada umumnya mereka memiliki usaha di bidang perdagangan, bagaimana dengan usaha dagang mereka?, begitulah pertanyaan yang timbul dari para korban terdampak. Menanggapi hal itu Zulkifli hasan yang merupakan Menteri Perdagangan memberikan solusi berupa pembangunan pasar untuk masyarakat pedagang yang terdampak bencana, sehingga para korban tetap dapat melanjutkan dan memulihkan perekonomian kembali. Untuk itu Zulkifli Hasan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Agam, agar menyediakan lokasi strategis untuk pembangunan pasar nantinya.


Bupati Agam Andri Wirman menyampaikan ucapan terimaksih kepada Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan dan seluruh kepala daerah tetangga yang telah ikut membantu dan menyampaikan kepeduliannya,

“ Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Agam mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Menteri Perdagangan dan rekan-rekan kepala daerah yang telah membantu kita selama masa pemulihan ini, semoga hal ini dapat menjadi rahmat dan berkah untuk kita semua” tuturnya. (**)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra