Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terbang ke Sumatra Barat usai melakukan kunjungan kerja di luar negeri Beri Bantuan Korban Banjir




INDSATU 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terbang ke Sumatra Barat usai melakukan kunjungan kerja di luar negeri. Prabowo langsung memberikan bantuan bagi korban banjir lahar dingin dan longsor di Kabupaten Tanah Datar dan Agam.

Prabowo sebelumnya telah melakukan kunjungan kerja ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Doha, Qatar sejak beberapa hari lalu. Saat pulang dari kunker tersebut, Prabowo langsung singgah ke Padang, Kamis (15/5/2024) siang untuk memberikan bantuan.

Turut hadir Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade, Pandam Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan, Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja (Wbr) Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dan lainnya.


Prabowo menyerahkan bantuan kepada korban melalui Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Bupati Agam Andri Warman. Dua daerah ini merasakan dampak terparah dengan korban jiwa lebih dari 50 orang. Serta kerusakan infrastruktur, kerusakan pemukiman dan area pertanian warga.

Prabowo menyerahkan bantuan berjumlah 17 truk yang berisi 20 ton beras, ribuan selimut, 10 ribu boks mie instan dan obat-obatan untuk korban bencana serta kebutuhan lainnya.

"Saya berduka cita, berbelasungkawa kepada masyarakat korban terdampak. Saya datang melihat dan memberi bantuan yang diberikan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) serta unsur lain-lain. Semoga semua tabah menerima dan kita semua bisa segera bangkit dan pulih," kata Prabowo di VIP BIM sebelum kembali terbang ke Jakarta, Kamis (16/5/2024.


Prabowo mengatakan pihaknya memastikan akan memantau terus apa yang bisa dibantu. Selain itu pihaknya juga sudah mencatat masalah yang disampaikan.

"Kami mengerti bahwa negara kita rawan bencana, kita harus lebih siap dan lebih mengatur langkah-langkah pengerahan sumber daya yang kita miliki," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPR RI asal Sumbar, H Andre Rosiade menyebutkan, saat mendengar kabar bencana kembali terjadi di Sumbar ketika bertugas di luar negeri, Prabowo langsung meminta tim untuk memastikan kedatangannya ke Sumbar.

Prabowo ingin memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana banjir lahar dan longsor di Sumbar, terutama di Kabupaten Tanah Datar dan Agam.

"Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu masyarakat yang terdampak bencana alam ini. Ini juga bukti bagaimana pak Prabowo sangat peduli terhadap masyarakat Sumbar. Dari luar negeri langsung terbang ke Sumbar," kata Andre Rosiade yang sebelumnya meminta Gerindra mendirikan posko dan dapur umum di dua lokasi terdampak itu.

Andre menyebut, kedatangan Prabowo menunjukkan, dia tidak pernah melupakan Sumbar.

"Pak Prabowo berkomitmen membangun Sumbar. Bahkan langsung bertanya soal penanganan bencana kepada kepala BNPB, dan memastikan semua dibangun kembali sesegera mungkin. Pak Prabowo terus menunjukkan kepedulian kepada Sumbar," kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Sementara itu, Gubernur Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Menhan Prabowo Subianto yang telah memberikan bantuan.

"Bantuan ini sangat berharga untuk masyarakat terdampak bencana di Agam dan Tanah Datar. Sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh mereka saat ini," ujar Mahyeldi.(*)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra