Bunda Literasi Kabupaten Solok Ny Emiko Epyardi Asda SP Launching Pustaka Nagari Sungai Nanam, Emiko:Kuasailah semua buku, tapi jangan biarkan buku menguasai Anda. Membacalah untuk hidup, bukan hidup untuk membaca."

INDSATU -Solok -Perpustakaan nagari merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat nagari yang terintegral dengan kegiatan pembangunan nagari, Pemberdayaan masyarakat nagari juga merupakan kegiatan yang tidak pernah berhenti dilakukan pemerintah kabupaten Solok sebagai program pembangunan sumber daya manusia.


Perpustakaan nagari juga berfungsi sebagai sumber belajar bagi masyarakat nagari. Adanya perpustakaan nagari memungkinkan masyarakat nagari mengenal local wisdom (kearifan lokal) masyarakat adatnya dan juga masyarakat adat lain di Indonesia. 

Bagi nagari yang berada didataran tinggi, masyarakat umumnya berprofesi sebagai petani dan peladang serta peternak,Petani dan peladang yang mengunjungi perpustakaan nagari biasanya membutuhkan informasi tentang komoditas hasil pertanian yang nilai jualnya tinggi,harga pasaran komoditas hasil pertanian dan budi daya tanaman serta pengolahan hasil tani agar memiliki nilai tambah dipasaran. 

"Warga nagari yang berprofesi peternak juga membutuhkan informasi penting seputar harga ternak, cara mengolah hasil ternak seperti susu dan telur agar bernilai tambah serta pakan ternak yang bermutu untuk meningkatkan produksi ternak. Perpustakaan nagari sebaiknya dilengkapi dengan koleksi tentang pengelolaan desa wisata. Dengan adanya koleksi itu diharapkan warga nagari yang memiliki ulayat yang memiliki panorama sawah, sungai dan air terjun dapat mengelola obyek wisata nagari secara mandiri atau bersama pemuda nagari sehingga pendapatan nagari dapat meningkat pesat.

Dalam kunjungan di kawasan kantor wali nagari sungai nanam Jumat 14/6 2024 dalam rangka peresmian "pustaka nagari sungai nanam" Ketua TP PKK Ny Emiko yang di daulat sebagai bunda literasi kabupaten Solok di dampingi Kadis Perpustakaan dan kearsipan Zulmarnus serta Camat lembah Gumanti Andi Sofiani.S.sos yang di sambut langsung oleh wali nagari sungai nanam Delfi S.sos bersama tokoh dan masyarakat Nagari Sungai Nanam.

Dalam sambutan nya Wali Nagari Sungai Nanam Delfi S.sos menyampaikan rasa kegembiraan dan harapan supaya pustaka nagari ini berkontribusi sebagai wadah dan sarana Sumber informasi dari semua sektor keilmuan bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, kita mengucapkan terimakasih atas kehadiran buk Emiko Saya mewakili masyarakat sungai nanam mengucapkan salam hormat kepada ibuk ketua TP PKK Kab Solok yang telah meresmikan perpustakaan di Nagari Sungai Nanam, hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami di Nagari Sungai Nanam,Kedepannya kami berharap agar terus mendapat binaan dari Bunda Literasi Kabupaten Solok sehingga Perpustakaan Nagari ini dapat terus dikembangkan dan menyediakan buku-buku bacaan yang lebih banyak lagi,apalagi di nagari kami merupakan daerah pertanian holtikultura dan peternakan,tentu nya kehadiran pustaka ini dapat membantu dan berperan penting dalam pengayaan wawasan serta dapat menambah pengetahuan dalam segala bidang,"ujar wali nagari Delfi .

Dalam acara peresmian pustaka nagari sungai nanam Ny.Emiko Epyardi Asda yang di Daulat sebagai Bunda Literasi Kab Solok,dalam sambutan nya,menyampaikan harapan dan ajakan untuk masyarakat nagari dan juga anak anak usia pendidikan.

"Semoga dengan dibukanya pustaka Sungai Nanam ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak kita di Nagari Sungai Nanam, Untuk meningkatkan pengetahuan generasi muda maka memang membaca adalah kuncinya, dengan membaca kita dapat membuka gerbang dunia yang luas.Kita mengajak kepada anak-anak generasi muda semuanya mari bersama-sama datang ke pustaka untuk membaca dan menambah wawasan kita bersama.

Di akhir kata sambutan nya Emiko mengutip kata kata motivasi untuk meningkatkan minat baca "Kuasailah semua buku, tapi jangan biarkan buku menguasai Anda. Membacalah untuk hidup, bukan hidup untuk membaca."

Artinya baca lah buku buku yang bisa mempengaruhi hidup ke arah yang lebih baik "tutup Bunda Literasi kabupaten Solok ini(IST)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra