Karakteristik Kepemimpinan Epyardi Asda, Keras,lugas,Tegas Serta Berwibawa


 INDSATU -Solok -  KERAS, LUGAS, TEGAS dan BERWIBAWA , kata kata ini sering di sematkan pada sosok Bupati Kabupaten Solok Capt EPIYARDI ASDA M.mar,  Dengan gaya dan karakter nya yang khas, beberapa kali menjadi viral,semua itu tak lepas dari intonasi bahasa dan sikap yang apa ada nya yang kadang sering di salah artikan dengan Suka marah marah,kasar dan sebagainya oleh pihak pihak yang berseberangan dengan Epyardi Asda.

Kalau di perhatikan dan di rangkaikan sangat  menarik juga kata kata tersebut untuk di fahami,seolah menggambar kan sosok seseorang dalam perihal Karakter kepemimpinan yang ideal, bagaimana tidak, kosa kata nya, KERAS, LUGAS, TEGAS serta BERWIBAWA, kadang kita juga bingung menggambar sosok yang keras, lugas,  tegas serta berwibawa ini, seperti apa kira kira orang yang punya karakter  demikian?.

Kalo kita telusuri pengertian dari bahasa:

**KERAS** secara kamus kbbi ini melambang kan karakter seseorang yang identik dengan **HATI** keras hati atau tidak lekas putus asa,tidak akan berhenti bekerja sebelum yang di cita citakan tercapai.

**LUGAS**Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, arti kata lugas adalah hal-hal mengenai yang pokok-pokok saja, bersifat apa adanya, dan tidak berbelit-belit. Makna kata lugas adalah makna kata yang sebenarnya, disampaikan secara langsung atau eksplisit dan tidak secara tersirat dan terkesan apa adanya,bisa di katakan seseorang yang bicara apa ada nya dan sesuai dengan keadaan.

**TEGAS**sangat erat kaitan nya dengan sikap seseorang dimana seseorang mampu bertindak dan tidak samar samar,jelas dan tahu apa yang akan di lakukan,mampu membedakan mana yang di  inginkan dan mana yang akan di tolak nya,

**BERWIBAWA**Orang berwibawa memiliki kepedulian terhadap orang lain. Mereka peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain, serta berupaya membantu dan mendukung mereka. Sikap empati ini membangun kepercayaan dan rasa hormat dari orang lain. Wawasan luas dan visioner sangat penting untuk menunjukkan kepemimpinan.

Dari rangkaian kata diatas 

KERAS,LUGAS,TEGAS,dan WIBAWA, memang menggambar kan karakter pemimpin yang ideal, dengan karakteristik yang tak gampang putus asa, tak kenal kata menyerah sebelum apa yang di cita citakan nya tercapai, selalu apa adanya dalam berkata kata, baik kepada masyarakat ataupun kepada bawahan dalam ruang lingkup kepemimpinan nya, serta mampu bertindak dengan jelas tanpa banyak basa basi dan tahu dengan apa yang akan dilakukan serta mempunyai sikap yang jelas terhadap apa yang di ingini dan apa yang tidak di ingini, dengan kata lain terbuka dan apa adanya, berwawasan luas serta visioner, karakteristik punya rasa peduli sehingga tercipta rasa saling mendukung,  semua karakter tadi mampu membangun rasa hormat dan kepercayaan orang lain, dan tidak berlebihan lah rasa nya kalo gambaran kepemimpinan yang KERAS, LUGAS, TEGAS,dan BERWIBAWA ini di lekat kan pada sosok seseorang yang bernama EPIYARDI ASDA,yang sekarang telah memantapkan hati untuk ikut serta dalam kontestasi Pilgub Sumbar 2024, dengan tagline OTEWE SUMBAR untuk PERUBAHAN DAN KEBANGKITAN SUMATERA BARAT LEBIH MAJU.

Penulis: Iwan tanjung


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.indsatu.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Yendra